Rabu, 28 November 2018

Waralaba

A. Waralaba
Waralaba adalah waralaba jika dalam bahasa Inggris yaitu dari kata “Franchising” dan jika dalam bahasa Francis yaitu “Franchise”, Merupakan hubungan bisnis atau usaha antara pemilik merek, produk maupun sistem operasioal dengan pihak kedua yang berupa pemberian izin dari pemakaian merek, produk dan sistem operasional dalam jangka waktu yang telah di tentukan sebelumnya.
Atau definisi lain dari waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis atau usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut itulah yang disebut dengan waralaba.

B. Marketing Mix
Pengertian marketing Mix Secara bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah marketing Mix adalah strategi pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang di lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing Mix itu sendiri.

C. Harga
Pengertian Harga adalah nilai uang yang harus dibayarkan oleh konsumen kepada penjual atas barang atau jasa yang dibelinya. Dengan kata lain, harga adalah nilai suatu barang yang ditentukan oleh penjual.

D. Pasar
Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakukan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi yang lainnya. Pada umumnya, pengertian pasar tidak menunjuk ke sebuah lokasi ataupun tempat-tempat tertentu, hal ini karena pasar tidak memiliki batas geografis

Contoh Franchisiing Lokal dan Asing
Waralaba Lokal :
       Es Teler 77
       Pecel Lele Lela
       JCO Donuts & Coffe
       Bumbu Desa
       Ayam Bakar Mas Mono
Waralaba Asing :
       KFC
       McDonald’s
       Burger King
       Pizza Hut
       Subway
       Carrefour

ALASAN HARGA DAPAT MEMBERIKAN DORONGAN BAGI PENGUSAHA DALAM MEMBUAT BARANG
Karena disaat harga naik maka penjualpun akan meningkatkan penawaran, sedangkan disaat harga turun maka penjual akan menurunkan penawaran. Karena disaat harga barang naik, mereka akan mendapat keuntungan yang lebih besar, sedangkan disaat harga barang murah, maka penjual akan mengurangi penawaran agar tidak rugi.

PENGARUH HARGA BAGI KONSUMEN DALAM MENETAPKAN PEMBELIAN
Sedangkan pengaruh harga bagi konsumen adalah disaat harga naik pembeli akan mengurangi jumlah permintaan, sedangkan disaat harga turun pembeli akan meningkatkan/memperbanyak permintaan.
Karena disaat harga barang naik, pembeli akan mengurangi permintaan supaya tetap bisa memenuhi semua kebutuhan rumah tangga, sedangkan disaat harga barang murah, maka pembeli akan memperbanyak permintaan untuk mendapatkan keuntungan.


Sumber :

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar