A. Waralaba
Waralaba
adalah waralaba jika dalam bahasa Inggris yaitu dari kata “Franchising” dan
jika dalam bahasa Francis yaitu “Franchise”, Merupakan hubungan bisnis
atau usaha antara pemilik merek, produk maupun sistem operasioal dengan pihak
kedua yang berupa pemberian izin dari pemakaian merek, produk dan sistem
operasional dalam jangka waktu yang telah di tentukan sebelumnya.
Atau definisi lain dari waralaba adalah bentuk
kerjasama bisnis atau usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan
yang sudah mapan baik itu dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun
dari marketingnya serta adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh
masyarakat luas, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari
produk maupun sistem tersebut itulah yang disebut dengan waralaba.
B. Marketing Mix
Pengertian marketing Mix Secara
bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah marketing Mix adalah
strategi pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran
yang di lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada
dalam marketing Mix itu sendiri.
C. Harga
Pengertian Harga adalah
nilai uang yang harus dibayarkan oleh konsumen kepada penjual atas barang atau
jasa yang dibelinya. Dengan kata lain, harga adalah nilai suatu barang yang
ditentukan oleh penjual.
D. Pasar
Pasar atau market
merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakukan
transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau
sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi yang lainnya. Pada umumnya,
pengertian pasar tidak menunjuk ke sebuah lokasi ataupun tempat-tempat
tertentu, hal ini karena pasar tidak memiliki batas geografis
Contoh Franchisiing Lokal dan Asing
Waralaba
Lokal :
Es Teler 77
Pecel Lele Lela
JCO
Donuts & Coffe
Bumbu Desa
Ayam Bakar Mas Mono
Waralaba
Asing :
KFC
McDonald’s
Burger King
Pizza Hut
Subway
Carrefour
ALASAN HARGA DAPAT MEMBERIKAN DORONGAN BAGI PENGUSAHA DALAM MEMBUAT
BARANG
Karena disaat harga
naik maka penjualpun akan meningkatkan penawaran, sedangkan disaat harga turun
maka penjual akan menurunkan penawaran. Karena disaat harga barang naik, mereka
akan mendapat keuntungan yang lebih besar, sedangkan disaat harga barang murah,
maka penjual akan mengurangi penawaran agar tidak rugi.
PENGARUH HARGA BAGI KONSUMEN DALAM MENETAPKAN PEMBELIAN
Sedangkan pengaruh
harga bagi konsumen adalah disaat harga naik pembeli akan mengurangi jumlah
permintaan, sedangkan disaat harga turun pembeli akan meningkatkan/memperbanyak
permintaan.
Karena disaat harga
barang naik, pembeli akan mengurangi permintaan supaya tetap bisa memenuhi
semua kebutuhan rumah tangga, sedangkan disaat harga barang murah, maka pembeli
akan memperbanyak permintaan untuk mendapatkan keuntungan.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar