Perusahaan
Adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas
pengolahan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang
dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melakukan uapaya lain dengan
tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu
unit kegiatan ekonomi yang di organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi
produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber
ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan
dengan cara yang menguntungkan.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen,
tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif)
Lingkungan
Perusahaan
Lingkungan perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang
melakukan aktivitas pengolahan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk
menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melakukan
uapaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan
masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang di organisasikan dan
dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan
mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan
jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
Perbedaan
Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan : Perusahaan biasanya bersifat komersil, yaitu
menawarkan barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya.
Lembaga sosial : Lembaga sosial lebih bersifat sukarela,
yaitu menawarkan barang dan jasa dengan niat untuk menolong dan membantu tanpa
mencari keuntungan. Biasanya lembaga sosial menawarkan jasa.
Letak
dan Tempat Duduk Perusahaan
Tempat kedudukan
perusahaan adalah kantor pusat perusahaan
tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor
kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintahan,
lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya.
Letak perusahaan
dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang
menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya adalah:
· Harga
bahan mentah/bahan pembantu
· Tingkat
upah buruh
· Tanah
· Pajak
· Tingkat
bunga
· Biaya
alat produksi tanah lama
· Biaya
atas jasa pihak ketiga
Faktor-faktor
yang berpengaruh penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak perusahaan yang
bersifat industry :
Ketersediaan bahan
mentah memungkinkan kesinambungan aktivitas perusahaan, karena
tanpa bahan baku perusahaan tidak mungkin bekerja.
Ketersediaan tenaga air merupakan suatu potensi yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam mendukung
kelancaran aktivitasnya disamping dapat berfungsi sebagai pembangkit tenaga
listrik yang sangat dibutuhkan perusahaan.
Ketersediaan tenaga kerja yang melimpah dan murah merupakan pendukung faktor produksi variabel.
Ketersediaan modal sangat mendukung berkembangnya investasi. Perusahaan yang membutuhkan
dukungan modal besar untuk perkembangannya, akan sangat memperhitungkan
penawaran modal denagn bunga rendah.
Transportasi berpengaruh besar dalam pendistribusian produk. Kelancaran transportasi
juga menjamin kelancaran pasokan bahan baku ke lokasi perusahaan.
Kedekatan pasar merupakan faktor yang makin memudahkan terserapnya produk yang dihasilkan
perusahaan.
Kesesuaian iklim tidak hanya berpengaruh terhadap kesinambungan produksi, tetapi juga
berhubungan erat dengan kesehatan buruh yang bekerja di perusahaan.
Jenis Letak Perusahaan
Ada 4 jenis letak perusahaan :
Letak perusahaan yang terkait pada alam :
Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh ketersediaan sumber dari alam.
Sebagai contohnya : Perusahaan Tambang, Perminyakan.
Letak perusahaan berdasarkan sejarah:
Dalam hal ini perusahaan menjalankan aktivitasnya di daerah tertentu karena
alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Sebagai contoh
Perusahaan Batik Solo dan Yogyakarta.
Letak perusahaan yang ditentukan
pemerintah : Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan
menjalankan aktivitasnya.
Cara Penentuan Letak
Perusahaan
2 Cara menentukan
Lokasi Perusahaan:
a. Cara kualitatif
b. Cara kuantitatif
Perbedaan
Lingkungan Eksternal Mikro dan Makro
A) Lingkungan eksternal
makro
Adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh
tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
- Keadaan
alam => SDA, lingkungan.
- Politik
dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh
politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan.
- Hukum
- Perekonomian
- Pendidikan
dan kebudayaan
- Social
dan budaya
- Kependudukan
- Hubungan
internasional.
B) Lingkungan
eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung
terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
- Pemasok
/ supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
- Perantara,
misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian
hasil-hasil produksi ke konsumen.
- Teknologi
: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
- Pasar,
sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar